Monday 25 January 2016

Pasar Cipanas Angkut Sampah Sendiri

http://cianjurnow.blogspot.co.id
CianjurNow - Pasar Cipanas sekarang tidak lagi harus mengeluarkan jutaan rupiah untuk membayar sewa bulanan kendaraan pengangkut sampah ke tempat pembuangan akhir (TPA) Pasir Sembung. Pasalnya saat ini pihak pasar Cipanas sudah memiliki armada truk sampah sendiri.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Pasar Cipanas Kusmiaji melalui Sub Bagian Tata Usaha Pasar Cipanas, A. Suganda. Pihaknya telah mengidam-idamkan memiliki truk khusus pengangkut sampah sejak lama untuk kepentingan pasar.

"Truk itu memang bantuan dari Gubernur, yang diajukan sekitar setengan tahun lalu dan cair serta bisa digunakan sekarang. Ya Alhamdulillah, sangat membantu kami dari pihak pasar," katanya.

Dijelaskannya bahwa selama ini pihaknya menyewa truk sampah dari Dinas Kebersihan Dan Pertamanan (DKP) Kabupaten Cianjur. Setiap bulan pihaknya harus mengeluarkan uang yang cukup besar untuk mengangkut sampah pasar Cipanas menuju TPA di Cianjur. Termasuk biaya perawatan kendaraan operasional tersebut.

"Setiap bulannya kami mengeluarkan uang sebesar Rp7.5 juta untuk mengangkut sampah dari sini (Pasar Cipanas, red) ke tempat pembuangan akhir yang berada di Pasir Sembung Cianjur," jelasnya.

Dalam sehari truk yang biasa dipergunakan dari DKP mengangkut 2 kali. Diakuinya meski terkadang tidak bisa mengangkut sampah dikarenakan truk tersebut mengalami kerusakan sehinga sampah tidak dapat diangkut dan makin banyak namun keberadaan truk dari DKP sangat membantu.

"Truk kadang suka ada halangan misalnya perbaikan kendaraan sehingga tidak bisa dipergunakan dan ada saldo sampah yang menumpuk belum bisa terangkut menuju tempat pembuangan akhir (TPA)," ucapnya.

Dengan adanya bantuan kendaraan truk sampah ini diharapkan tidak akan ada lagi sisa saldo sampah yang tidak terangkut. Namun demikian keberadaan truk sampah bantuan ini bukan berarti tidak akan ada masalah. Pihaknya harus memikirkan biaya yang harus dikeluarkan.

"Kalau dilihat dari manfaatnya sangat bisa dirasakan, namun disisi lain biasanya pihak pasar Cipanas mengeluarkan uang sebesar Rp7.5 juta perbulan ke DKP,  dengan adanya truk ini apakah masih bisa sebesar itu ataukah berkurang. Kita khawatir malah justru akan bertambah dan itu harus diperhitungkan," tambahnya.

Pihaknya sangat berterimakasih kepada Gubernur karena telah memberikan truk kebersihan untuk dipergunakan dalam pengangkutan sampah. Selain memiliki 1 unit truk pihaknya juga memiliki 2 kendaraan roda tiga yang biasa mengangkut ke tempat Pembuangan Sampah (TPS). Juga memiliki 5 buah roda untuk memindahkan sampah ke tempat lain. (Ferryindra)


Info lainnya :

Pemkab Cianjur Akan Rubah Pasar Bojong Meron Jadi Yang Terindah
http://cianjurnow.blogspot.com/2016/01/pemkab-cianjur-akan-rubah-pasar-bojong.html

Harga Daging Sapi Di Cianjur Melambung Penjual Terpaksa Libur
http://cianjurnow.blogspot.com/2016/01/harga-daging-sapi-di-cianjur-melambung.html

Pasar Pasir Hayam Masih Sisakan Persoalan
http://cianjurnow.blogspot.co.id/2016/01/pasar-pasir-hayam-masih-sisakan.html

No comments:

Post a Comment